Masuk

Ingat Saya

Dialog Moderasi Islam

Dialog Pencegahan Faham ISIS Dikalangan Ikatan Persaudaraan Imam Masjid se- Jabodetabek
Admin 7 Agustus 2015 Berita Komentar Dinonaktifkan pada Dialog Pencegahan Faham ISIS Dikalangan Ikatan Persaudaraan Imam Masjid se- Jabodetabek 69 Dilihat

Kerjasama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dengan PP IPIM ( Ikatan Persaudaraan Imam Masjid ) – Jakarta, 7 Agustus 2015. Dalam rangka penguatan keutuhan NKRI, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme bekerjasama dengan Pimpinan Pusat Ikatan Persaudaraan Imam Masjid (PP IPIM) menyelenggarakan dialog moderasi Islam dikalangan Imam masjid se-Jabodetabek.

Kegiatan yang mengusung tema “Pencegahan Faham Isis di kalangan Ikatan Persaudaraan Imam Masjid se-Jabodetabek” ini akan diadakan dari tanggal 7 s.d 9 Agustus 2015 bertempat di hotel Sriwijaya, Jl. Veteran No.1 Jakarta Pusat. Bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan yaitu seminar sekaligus dialog para Imam Masjid dengan menghadirkan para narasumber yang kompeten.

Sekitar 200 orang Imam Masjid Se-Jabodetabek akan hadir dalam acara ini. menurut ketua Umum PP IPIM, Prof. Dr. KH. Ali mustafa Yaqub, MA. Ada 3 hal pokok penting yang melatar belakangi kegiatan ini , yang meliputi ;

Pertama, Imam Masjid merupakan personal utama dalam berhubungan dengan umat di dalam Masjid, karena Imam masjid bisa berinteraksi dgn jamaah sekurangnya 5 kali dalam sehari (solat 5 waktu).

Kedua, untuk memberikan pencerahan kepada ummat, Imam masjid harus dibekali dengan pengetahuan yang update tentang faham-faham yang bersifat kekerasan yang dilakukan oleh kelompok Teroris ISIS, dan diharapkan penyampaiannya kepada umat tidak hanya berkisar kepada ibadah wajib tapi juga berkaitan dengan hal-hal yang bersifat kedamaian dalam upaya pencegahan faham terorisme dan ISIS.

Ketiga, Imam masjid dituntut untuk menyampaikan Islam yang ramah dan bukan Islam yg “marah” sehingga wajah Islam akan selalu baik dan jauh dari sifat radikalisme, anarkis bahkan terorisme”.

Ketua Umum Ikatan Persaudaraan Imam Masjid (IPIM), Prof. Dr. KH. Ali Mustafa Yaqub yang juga merupakan Imam Besar Masjid Istiqlal, mengatakan bahwa perlu kiranya acara dialog seperti ini diadakan agar semangat menjaga keutuhan NKRI bisa terjaga dan jauh dari teror yang berkembang seperti saat ini.

Acara dialog yg rencananya akan dibuka langsung oleh kepala BNPT ini, akan di isi oleh narasumber-narasumber yang handal diantaranya Prof. Dr. H. Nasaruddin Umar, MA (mantan Wakil Menteri Agama RI), Mayjen TNI Agus Surya Bakti (Deputi 1 bidang Pencegahan BNPT), Nassir Abbas (mantan Teroris), Dr. Syeikh Ibrahim Bin Sulaiman An Neughonishi (Atase bidang Agama Kedutaan Saudi Arabia), dan praktisi-praktisi ahli lainnya yang mendukung program acara dialog tersebut.